Selasa, 16 Maret 2010

Sembuh Dari Fobia

Penyebab fobia atau ketakutan yang brlebihan terhadap benda atau situasi tertentu, umumnya disebabkan oleh trauma masa lalu. Namun, profesor psikologi dari University of Pennsylvania, AS, fobia juga bisa di sebabkan oleh faktor keturunan. Misalnya, mereka yang takut pada beruang, kemungkinan besar nenek moyangnya dulu trauma pada beruang karna hampir menjadi korban serangannya. Apa pun penyebabnya, ada 5 teknik penyembuhan fobia yang ditawarkan Seligman, yakni:
1. HIPNOTERAPI, memberi sugesti-sugesti untuk menghilangkan fobia.
2. EXPOSURE TREATMENT yang ekstrem. Misalnya, penderita fobia kegelapan sengaja dimasukkan ke ruangan gelap hingga ketakutannya hilang.
3. EXPOSURE ringan. Disini penderita fobia gelap di minta refleks dan membayangkan berada di sebuah tempat gelap, yang penuh dengan ketenangan dan kedamaian.
4. DESENSITISASI. Awalnya penderita fobia gelap di biasakan melihat gambar atau film tentang ruang gelap. Dilanjutkan dengan melihat objek sesungguhnya dari jauh dan akhirnya mendekat hingga akhirnya ia bisa masuk ke dalamnya.
5. REFRAMING. Penderita di minta membayangkan masa awal saat ia mengalami fobia. Di situlah, ia akan coba di bentuk menjadi manusia baru yang tidak takut lagi pada fobianya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar