Minggu, 11 April 2010

Penanganan Autis

Penanganan yang jelas dan terarah sesuai dengan kebutuhan anak penting dalam menentukan perbaikan perkembangan anak-anak gangguan autistik. Oleh karena itu, jika anak ingin diterapi pilihlah tempat terapi yang baik dengan metode jelas dan melibatkan orangtua agar orangtua terlibat dalam melatih anaknya di rumah. Tidak semua anak memerlukan obat dari dokter.

Keterlibatan orangtua memang sangat menentukan. Seberat apapun kondisi anak, umumnya ia memiliki kemampuan yang menonjol di bidang tertentu. Dengan mengetahui kondisi dan kemampuan anaknya, orangtua dapat memilih kurikulum yang tepat bagi anak. Anak tidak harus belajar berbagai ilmu yang tidak disukainya.

Orangtua harus dapat melihat dan menerima kondisi anak, dan mengoptimalkan anak sesuai dengan kondisi yang dimilikinya.

Untuk mengetahui dan menangani anak yang diduga mengalami gangguan autis atau tidak, diperlukan:

Skrining
Bentuk skrining ada beberapa macam. Bentuknya berupa pertanyaan kepada orangtua anak. Skrining dapat dilakukan untuk semua anak. Jika hasil skrining menunjukkan adanya gangguan, sebaiknya orangtua mengadakan kunjungan ke dokter untuk melakukan assessment. Skrining digunakan untuk mengetahui apakah anak mengalami ganguan autis. Skrining dapat dilakukan mulai usia 11 bulan. Di bawah usia ini belum diketahui apakah bayi memiliki masalah dalam interaksi sosial atau tidak.

Assessment
Assessment seperti skrining yang lebih dalam lagi. Umumnya dilakukan beberapa kali dengan mengajukan berbagai pertanyaan kepada orangtua, sementara anak dibawa untuk diobservasi. Para ahli akan melihat IQ anak, gangguan perilaku, interaksi, hiperaktif atau tidak, seberapa besar gangguan interaksinya, dan lain-lain. Assessment diperlukan untuk menentukan langkah selanjutnya yang haus dilakukan. Contoh: apakah anak membutuhkan terapi khusus, atau anak hanya perlu stimulasi yang dilakukan orangtuanya setiap hari.

Terapi
Terapi ini diberikan sesuai dengan keperluan anak. Ada anak yang membutuhkan terapi dengan obat-obatan, terapi sensorik (dengan berbagai latihan), terapi individual (terapi wicara), dan lainnya.

Autistik berat mungkin tidak dapat disembuhkan 100%. Namun jika diketahui secara dini, paling tidak gejalanya dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar